CARA MENJAGA HARAPAN SUPAYA TIDAK PUTUS ASA
Menjaga Self
Discipline Agar Tetap Tinggi
Disiplin merupakan pendewasaan dimana
seseorang dituntut untuk bisa berfikir logis, menyelesaikan masalahnya dengan
baik, serta tidak selalu bergantung pada orang lain. Pada intinya, disiplin
berhubungan dengan cara bersikap dan bertingkah laku sesuai kondisi riil di
masyarakat.
Menurut Charles
Schaefer inti dari disiplin ialah mengajar atau seseorang mengikuti ajaran dari
orang lain yang mengikuti ajaran seorang pemimpin.
Selain itu, disiplin juga dapat diartikan latihan batin dan watak dengan maksud
supaya segala perbuatan selalu mentaati tata tertib. Jadi, disiplin adalah
mentaati aturan sesuai dengan ketentuan umum yang berlaku.
Dari dua pengertian tersebut, sangat jelas
bahwa disiplin memiliki peranan penting dalam sebuah keberhasilan atau
kesuksesan. Hal ini disebabkan disiplin pada dasarnya mengatur aspek perilaku.
Maka, dapat diketahui bahwa tujuan dari bersikap disiplin dapat dibagi menjadi
jangka pendek dan panjang. Tujuan jangka pendek sikap disiplin ialah membuat
seseorang terlatih dan terkontrol melalui bentuk-bentuk tingkah laku yang
pantas dilakukan dan harus dihindari. Adapun jangka panjang ialah untuk
perkembangan pengendalian dan pengarahan diri sendiri. Hal lain berhubungan
dengan kemampuan seseorang mengarahkan diri sendiri tanpa pengaruh dan
pengendalian dari pihak luar.
Disiplin sebagai salah satu jalan menunju
kesuksesan kerja dapat dipahami dari penjelasan tersebut. Karakter mendasar
dari sikap disiplin ialah suatu proses untuk mencapai suatu kesuksesan dalam
upaya pencapaian tujuan. Dengan kedisiplinan, seseorang dapat mengendalikan
keinginan-keinginan sekaligus membatasi berbagai macam hasrat. Secara
sederhana, disiplin adalah latihan ketaatan terhadap aturan. Sikap disiplin
akan melahirkan mental kuat serta pantang menyerah.
Tiada kesuksesan tanpa sikap disiplin. Dalam
dunia kerja, seseorang yang memiliki kriteria disiplin ditunjukkan dengan
beberapa hal.
Pertama,
datang ketempat kerja sebelum jam masuk. Dengan datang lebih awal ke tempat
kerja, anda bisa menyiapkan waktu untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan
pekerjaan. Sangat disayangkan jika sudah masuk jam kerja anda masih berada di
jalan. Selain pekerjaan terbengkalai, anda akan dianggap sebagai orang yang
tidak menghargai waktu. Jika berkedudukan sebagai karyawan maka anda harus siap
menerima surat pemecatan.
Kedua,
meninggalkan tempat kerja melebihi jam pulang. Memperbaiki ruang kerja yang
telah dipakai adalah bentuk kesungguhan pekerja tangguh dalam menjalankan
aktivitasnya. Selain termasuk ciri pekerja sukses, hal tersebut dapat menyedot
perhatian lingkungan sekitarnya. Sebab, dengan hadir sebelum waktunya dan
pulang melebihi jam kerja, orang lain dapat merasa kagum atau bahkan mencontoh
kinerja anda.
Ketiga,
tidak meninggalkan pekerjaan tanpa izin atasan. Pimpinan mana yang sanggup
mendengarkan bawahannya meninggalkan tempat kerja sebelum waktunya tanpa ada
kejelasan pasti ? anda tentu tidak ingin mengecewakan pimpinan atau rekan
kerja. Maka, jika ada halangan maka anda harus meminta izin terlebih dahulu sebelum
meninggalkan kantor.
Keempat,
menggunakan jam kerja secara efektif. Jam kerja yang sudah ditentukan harus
dimanfaatkan sebaik- baiknya untuk mencapai tujuan. Jangan menyia-nyiakan
dengan bercengkrama ataupun sekedar bermain-main karena hal itu sangat merugikan
diri sendiri serta bagi kelangsungan perusahaan.
Patut diketahui bahwa kedisiplinan akan
membantu anda menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Biarkan orang lain memahami
sendiri pentingnya tugas-tugas pekerjaan. Berkaitan dengan disiplin, anda hanya
perlu memberikan contoh. Sebab, menunjukkan sikap berlebihan hanya akan membuat
para karyawan kehilangan rasa hormat terhadap anda.
Berdasarkan penjelasan tersebut, disiplin
merupakan kewajiban setiap orang dalam mengerjakan tugas dan kewajiban dalam bentuk
apapun. Sehingga, tidak ada alasan bagi anda untuk tidak disiplin di lingkungan
pekerjaan. Ingatlah bahwa kedisiplinan merupakan upaya untuk mencirikan hidup
anda menjadi sempurna. Hal tersebut termasuk upaya meningkatkan citra diri anda
sendiri.
👉RELATED POSTS : MANAJEMEN,
Comments
Post a Comment
BERIKAN KOMENTAR ANDA SEUAI TOPI DALAM RANGKA MEMBERIKAN MASUKAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ARTIKEL ATAU KONTEN BERIKUT INI : ???