Fungsi Dan Tugas Manajer
Seorang manajer memiliki tugas yang harus dijalankan olehnya, adapun tugas tersebut yaitu:
- Menjadi pemimpin organisasi
- Mengatur dan melakukan pengendalian organisasi
- Melakukan pengembangan terhadap organisasi yang dia pimpin
- Melakukan penyelesaian masalah yang sedang dihadapi organisasi
- Melakukan pengawasan dan pengendalian organisasi
- Menumbuhkan kepercayaan terhadap bawahannya atau klien nya
- Meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya
- Melakukan evaluasi kegiatan yang dilakukan organisasi
- Melakukan pengembangan dan menggali sumber daya yang ada pada organisasi perusahaan
Etika Manajer
Seorang manajer harus memiliki etika dalam proses manajerial. Etika manajerial yaitu suatu dasar perilaku yang memandu manajer dalam pekerjaan mereka. Terdapat tiga kategori yang dinyatakan oleh Ricky W. Griffin.
- Tingkah laku kepada karyawan
- Tingkah laku kepada organisasi
- Tingkah laku kepada agen ekonomi lainnya
Keterampilan Manajer
Robert L. Katz sekitar tahun 1970 menyatakan bahwa setiap manajer memerlukan minimal 3 keterampilan dasar. Adapun keterampilan tersebut yaitu:
Keterampilan Konseptual (Conceptional Skill)
Manajer tingkat atas (top manager) harus mempunyai keterampilan dalam pembuatan konsep, ide serta gagasan demi kemajuan organisasi.
Gagasan dan ide serta konsep itu selanjutnya harus diulas mendalam menjadi sebuah rencana kegiatan dalam mewujudkan gagasan atau konsepnya tersebut.
Proses mengulas atau menjabarkan ide menjadi sebuah rencana kerja yang nyata seringkali disebut proses perencanaan atau planning. Oleh sebab itu, keterampilan konsepsional juga merupakan keterampilan yang membuat rencana kerja.
Keterampilan Berhubungan Dengan Orang Lain (Humanity Skill)
Seorang manajer juga harus melengkapi dengan keterampilan dalam berkomunikasi atau keterampilan ketika berhubungan dengan orang lain.
Keterampilan tersebut dinamakan dengan keterampilan kemanusiaan. Komunikasi yang digunakan adakah yang bersifat persuasif dan harus selalu diciptakan oleh manajer terhadap bawahan yang dipimpinnya.
Komunikasi yang persuasif, bersahabat dan seperti bapak akan menjadikan karyawan merasa lebih dihargai dan selanjutnya mereka akan bersikap terbuka terhadap atasannya. Dalam tingkatan manajerial, keterampilan berkomunikasi sangat dibutuhkan baik di tingkat manajemen atas, menengah atau bawah.
Keterampilan Teknis (Tecnical Skill)
Keterampilan ini seringkali dijadikan bekal untuk manajer di tingkat bawah. Keterampilan ini adalah kemampuan untuk melaksanakan suatu pekerjaan tertentu seperti memakai program komputer, memperbaiki mesin, akuntansi dan lain sebagainya.
Sedangkan Ricky W. Griffin memberikan tambahan keterampilan dasar yang harus ada pada manajer, yakni:
Keterampilan Manajemen Waktu
Adalah keterampilan yang mengarah pada kemampuan seorang manajer untuk memanfaatkan waktu yang dimilikinya secara efektif dan bijaksana.
Baca Ini : Pengertian Lembaga Keuangan, Fungsi, Manfaat, Jenis Terlengkap.
Keterampilan Membuat Keputusan
Adalah kemampuan untuk mengartikan masalah dan menentukan langkah terbaik dalam menyelesaikannya. Kemampuan dalam membuat keputusan adalah yang paling penting untuk seorang manajer, terutama untuk kelompok manajer atas (top manager). Baca juga Tingkatan-dan-peran-manejer
👉RELATED POSTS : MANAJEMEN,
mantap
ReplyDeletesenang dengan kalimat ini: "Keterampilan Berhubungan Dengan Orang Lain (Humanity Skill). Seorang manajer juga harus melengkapi dengan keterampilan dalam berkomunikasi atau keterampilan ketika berhubungan dengan orang lain."
ReplyDeleteArtikelnya menambah wawasan. terima kasih
Sip bro
ReplyDelete