PERBEDAAN PEMIMPIN DAN MANAJER

Perbedaan Pemimpin dan Manajer
Pemimpin itu berbeda dengan manajer.Tidak semua pemimpin adalah manajer dan tidak semua manajer adalah pemimpin. Pemimpin adalah orang yang mampu mempengaruhi orang lain. Seorang pemimpin biasanya muncul karena ditunjuk atau karena keinginan kelompok, sedangkan manajer itu ditunjuk dan memiliki kekuasaan legitimasi untuk memberi penghargaan ataupun memberi hukuman pada pengikutnya karena memiliki otoritas maka dari itulah manajer mamiliki wewenang yang merupakan kekuasaan resmi yang dimiliki seseorang karena kedudukanya dalam organisasi.Seseorang manajer memiliki kewenangan dalam suatu organisasi dan bukan karena sifat-sifat atau kemampuan kepribadiannya.

Kata manajer biasanya mengidentifikasikan pada orang-orang yang memiliki posisi untuk mengarahkan dalam sebuah organisasi, mengetahui segala proses dalam organisasi, mengalokasikan sumber-sumber daya dengan bijaksana dan mendayagunakan orang-orangnya. Manajer selalu terkait dengan keberadaan organisasi. Sementara itu seorang pemimpin biasanya muncul tanpa adanya organisasi.

Ada beberapa hal yang membedakan pemimpin dengan manajer yaitu:
  1. Pemimpin tidak selalu berada dalam sebuah organisasi, sedangkan manajer selalu dalam organisasi tertentu baik formal maupun nonformal.
  2. Pemimpin biasanya ditunjuk atau diangkat oleh anggotanya, sedangkan manajer itu selalu ditunjuk
  3. Pengaruh yang dimiliki pemimpin karena memiliki kemampuan pribadi yang lebih dibandingkan dengan yang lain, sedangkan pengaruh yang dimiliki oleh manajer karena memiliki otoritas.
  4. Pemimpin memikirkan organisasi secara lebih luas dan jangka panjang, sedangkan manajer berfikir jangka pendek dan sebatas tugas dan tanggung jawab penuh.
  5. Pemimpin memiliki keterampilan politik dalam menyelesaikan konflik, sementara manajer menggunakan pendekatan formal-legal.
  6. Pemimpin berikir untuk kemajuan dan perbaikan organisasi secara luas, sementara manajer berfikir untuk kepentingan diri dan kelompoknya secara sempit.
  7. Pemimpin memiliki kekuasaan secara lebih luas, sedangkan manajer hanya memiliki wewenang saja.

Related Posts



Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Comments

Kirim E-mail Anda Dapatkan Artikel Berlangganan Gratis....

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY : SUARA MANIA POST ||| 🔔siulanmania@gmail.com

👍 POPULER POST

CARA UNTUK BERSYUKUR ATAS NIKMAT YANG DIKARUNIAKAN ALLAH SWT

TUBUH KOSONG - AL HIKAM 7 IBNU 'ATHO'ILLAH AS SYAKANDARY Ra

🚀LINK TAUTAN ARTIKEL SPONSOR

FOLLOWERS